Doa Masuk Dan Keluar Masjid Yang Harus Di Baca



Assalamualaikum.
Bagi umat muslim Masjid merupakan tempat yang sangat suci, selain merupakan rumah Allah. Masjid lah tempat seorang muslim khususnya laki laki melaksanakan ibadah sholat lima waktu.

Maka dari itu ketika seorang muslim hendak menuju masjid, haruslah sesuai dengan apa yang telah di ajarkan oleh syariat islam. Mulai dari cara berpakaian haruslah memakai pakaian yang sopan dan rapih di anjurkan memakai pakaian yang serba putih, kemudian cara masuk dan keluar masjid mulai dari doa yang harus di baca dan kaki mana yang harus di dahulukan.


doa masuk masjid, doa keluar masjid , adab di masjid , etika di masjid

Begitu pula ketika sudah berada dalam di masjid, kita harus menjaga sikap dan etika kita. Diantaranya jangan berisik supaya tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah, jangan ngobrol karena masjid adalah tempat ibadah bukan tempat ngobrol.

Sebagaimana yang sudah saya bahas di atas ketika kita akan memasuki masjid dan keluar dari masjid ada doa yang harus di baca, doanya pun tidak terlalu panjang dan menurut saya cukup mudah untuk di hapal, kalo pun belum hapal anda bisa menulisnya di secarik kertas dan membawanya ketika hendak pergi ke masjid dan saya yakin lama kelamaan anda hapal doa nya.

Doa masuk masjid:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ ، وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
"Ya Allah ampunilah dosaku dan bukakanlah pintu pintu rahmatmu"

Makna dari doa tersebut adalah kita meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dosa yang telah kita perbuat selama ini, dosa dosa yang tidak terhitung jumlahnya yang mungkin dewasa ini dosa sudah bagaikan teman. Tapi tenang saja Allah itu maha pengampun jika dosa anda besar maka yakinlah ampunan Allah SWT lebih besar.

Kemudian kita berdoa kepada Allah SWT supaya di buka kan pintu rahmat nya karena masjid adalah rumah Allah SWT maka dengan kata lain pintu masjid adalah pintu rahmat, seperti yang kita ketahui rahmat Allah SWT bermakna kasih sayang , dimana kita selaku hambanya sangat membutuhkannya.


Doa keluar masjid:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ ، اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
"Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan keutamaan-Mu, Ya Allah peliharalah aku dari godaan syetan terkutuk"

Makna dari doa tersebut adalah kita meminta kepada Allah atas keutamaannya atau kuasanya, yang mana kita tahu kuasa Allah SWT itu tidak ada batas jika Ia sudah berkehendak maka tidak ada satu hal apapun yang bisa mencegahnya.

Kemudian kita meminta kepada Allah supaya Allah senantiasa menjaga kita dari syetan yang terkutuk, karena pemilik syetan adalah Allah maka kita harus meminta kepada sang pemiliknya.

Itulah doa yang harus di baca ketika masuk dan keluar masjid, semoga kita terbiasa mengamalkannya. Semoga bermanfaat.








Musbat Gaosuddin
Musbat Gaosuddin Blogger Kacangan! Selalu Tertarik Dengan Informasi Teknologi Terkini Khususnya Digitalisasi.

Posting Komentar untuk "Doa Masuk Dan Keluar Masjid Yang Harus Di Baca"