Doa Setelah Adzan Berkumandang Arab Latin Dan Artinya



Assalamualaikum...
Adzan berkumandang dari sang muaddzin sebagai tanda bahwa Allah telah menyeru atau memanggil hambanya untuk segera melaksanakan ibadah sholat.


Doa sesudah Adzan berkumandang


Maka patutlah bagi kita untuk bersegera melangkahkan kaki menuju masjid untuk sholat berjama'ah bagaimanapun keadaan kita selama masih memungkinkan maka segeralah sobat.

Namun yang menjadi potret masa kini khususnya di lingkungan saya, hanya pada waktu tertentu saja orang orang merespon panggilan adzan. Orang orang sibuk dengan urusan masing masing bahkan tidak sadar jika adzan telah berkumandang.

Padahal apabila terdengar suara adzan sunnah bagi kita untuk mendengarkannya kemudian menjawabnya, Selain mendengarkan dan menjawab di sunahkan pula bagi kita umat muslim untuk membaca doa setelah adzan yang berkumandang selesai.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi doa sesudah adzan berkumandang. Berikut doanya:


اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ بِرَحَمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرّٰحِمِيْنَ


"ALLAHUMMA RABBA HAADZIHIDDA'WATTI TAAMMAH WASH-SHOLAATIL QAA'IMAH. AATI SAYYIDANAMUHAMMADANIL WASIILATA WAL-FADHIILAH. WASSYARAFA WAD-DARAJATAL 'AALIYATARRAFII'A WAB'ATSHUL MAQAAMAL MAHMUUDAL LADZI WA'ADTAHU INNAKA LAA TUKHLIFUL MII'AAD BIROHMATIKA YAA ARHAMARROHIMIIN"

Artinya:
"Ya Allah, Tuhan pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan Berikanlah junjungan kami, Nabi Muhammad SAW wasilah, keutamaan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi Dan angkatlah ia ketempat (kedudukan) yang terpuji, yang telah Engkau janjikan kepadanya. Sesungguhnya Engkau tak akan menyalahi janji"

Saya yakin sobat pembaca sudah hafal dan tidak asing lagi dengan doa setelah adzan karena memang sudah sering terdengar di TV, namun tidak ada salahnya saya berbagi doanya siapa tahu ada yang belum hafal.

Mulai dari sekarang jangan abaikan adzan yang berkumandang sambutlah seruan-NYA dengan menjawab, membaca doa dan pergi ke masjid.

Baca juga doa pergi berjalan ke masjid

Catatan:
Menurut Ibnul Qayyim disunahkan pula sebelum membaca doa di atas terlebih dahulu membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk Sholawatnya bisa membaca Allahumma Shalli Alaa Sayyidinaa Muhammad atau bisa juga membaca sholawat ibrohim yang biasa di baca ketika tahiyyat dalam sholat.






Posting Komentar untuk "Doa Setelah Adzan Berkumandang Arab Latin Dan Artinya"